Pengertian al-Ihsan Sebenarnya

" Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. " Qs.2. Al-Baqarah:45-46

Dari ayat diatas dapat kita ambil definisi dari khusyu meliputi dua aspek yaitu :

  1. Kesadaran dan keyakinan akan pertemuan dengan Alloh swt,
  2. Kesadaran dan keyakinan bahwasanya semua yang ada dalam diri kita akan kembali kepada Alloh swt, baik nyawa kita, harta kita, kehormatan dan kemuliaan yang melekat dalam diri kita serta apapun yang melekat dalam diri kita seluruhnya akan kembali kepada Alloh swt.

Saudaraku, jika kesadaran ini terus mewarnai tiap aktifitas keseharian kita, maka kita akan merasakan ketenangan, kebahagiaan yang begitu dalam sehingga khusyuannya akan membentuk kepribadian seseorang menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

Mari kita latih sesegera mungkin dan semaksimal mungkin akan khusyu ini.

Ketika kita tidak dapat khusyu, maka ketahuilah bahwasanya kita belum mempunyai keistimewaan dalam pandangan Alloh swt, sehingga kita belum diberikannya nikmat khusyu tersebut, berusahalah terus sampai kita mendapatkannya, nikmatilah setiap bacaan dan gerak tiap kita berdiri, ruku, sujud dan duduk. Sesalilah diri saat kita tidak mampu khusyu, hal ini dikarenakan kelakuan kita ada yang menyinggung dan mengecewakan Alloh swt sehingga kita tidak mampu menikmati shalat kita. Telitilah kembali pikiran kita hari ini, perasaan dan keinginan kita hari ini, kepada siapa ia berharap, takut, cinta dan yakin. Jika saat menghadap Alloh swt saja kita tidak dapat menikmati kedekatan tersebut dengan Alloh, maka bagaimana dengan aktifitas yang lain..?

Berikut ini beberapa tips agar kita dapat meraih kekhusyuan dalam shalat.

  1. Bersihkan terlebih dahulu fikiran, hati dan kelakuan kita
  2. Niatkan dengan ikhlas saat kita akan shalat, jangan terburu-buru
  3. Hilangkan sejenak pikiran dan perasaan yang mengganggu
  4. Pahami artinya dan relisasikan bacaan sholat tersebut.
  5. Rasakan kesejukkan tiap bacaan sholat, kesejukkan tentang nikmatNya, petunjukNya, ampunanNya, rahamatNya dan janjiNya

Semoga dengan beberapa tips diatas memudahkan kita untuk meraih kekhusuyu'an dalam sholat, sebagai langkah awal kita memulai ber-Ihsan.

Comments (0)

Leave a Reply

Silahkan Berikan Komentar Anda Melalui Kolom Yang Telah Tersedia. Komentar Anda Sebisa Mungkin Kami Tanggapi. Terimakasih, Mari Menuju Insan Yang Ihsan.